Rumah Longsor di Desa Bumiayu Dan Nawangsari Kendal

SULUH.ID, KENDALHujan lebat selama tiga hari, mengakibatkan tebing Sungai Bulanan (Kali Mati) Di Desa Nawangsari dan Desa Bumiayu di Kecamatan Weleri longsor.

Menurut keterangan Relawan Desa Nawangsari Nur Subkhan, sebelum longsor, Bendung Timbang di Sungai Bulanan dalam kondisi status Awas, dengan ketinggian air mencapai 250 cm, saat curah hujan deras, pada pukul 09.45 WIB, Minggu (7/2/2021).

2 Rumah warga desa Nawangsari Mengalami longsor

“Longsor juga menimpa rumah milik Tutik (45), warga Desa Nawangsari RT 09 RW 02. Namun hanya mengalami longsor dengan jarak rumah satu meter dari Sungai Bulanan. Selain itu juga emperan rumah milik Suwarno warga Desa Nawangsari RT 09 RW 02 juga roboh,” terangnya.

Baca Juga  10 Hari PPKM Darurat, Penurunan Baru 21,3 Dari Target 50 Persen

Dikatakan oleh Nur Subkhan, akibat longsor tersebut, kerugian yang diderita warga diperkirakan mencapai Rp 2 juta.

Terpisah, Kepala Desa Bumiayu, Kecamatan Weleri, Moh Johan juga melaporkan kejadian longsor yang menimpa rumah warga.

Rumah milik Sumiyati (65) Dukuh Tempel, RT 06 RW 02 Desa Bumiayu, mengalami longsor, sekitar pukul 13.00 siang, Minggu (7/2/2021).

loading...

“Penyebabnya arus Kali Bulanan yang deras dan menikung, mengakibatkan longsor dan menimpa pondasi bangunan rumah warga. Hal ini sangat membahayakan warga. Karena kondisi rumah juga retak di bagian tengah,” ungkap Johan

Baca Juga  Mau Daftar CPNS, Hari Ini 29 Juni BKN Umumkan Jadwal Pendaftaran

Menurutnya, Pemerintah Desa akan melakukan langkah upaya memberikan solusi, untuk melaporkan kepada Pemerintah Daerah agar memberikan bantuan.

“Selain itu, kami juga menghitung kerugian akibat rumah retak dan longsor ini,” pungkas Moh Johan.


SFAK/YHW/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *