Ganjar Pranowo Kembali Berdialog Dengan Warga Wadas

SULUH.ID, PURWOREJO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan dialog kembali dengan warga Desa Wadas, Bener, Kabupaten Purworejo yang pro dan kontra rencana penambangan batu andesit, Rabu (9/3/2022) malam.

Dikutib dari Antara, selama hampir 2 jam Ganjar mendengarkan alasan-alasan warga mengapa mendukung pembangunan Bendungan Bener dan merelakan tanahnya dibeli pemerintah dan juga mendengar alasan warga yang kontra.

Pada dialog tersebut warga pro penambangan meminta pembayaran ganti untung dipercepat. Kalau bisa, sebelum Lebaran sudah dilakukan.

Sementara itu, warga kontra penambangan batu andesit yang dipimpin Baharudin dan Gus Fuad menyatakan tetap menolak menjual lahannya.

Baca Juga  Kapolri Ke 8 Kapolda Baru Dilantik: Netralitas Hingga Tegakan Prokes

Sejumlah alasan yang disampaikan, yakni takut pada dampak lingkungan, kekhawatiran kehilangan lahan pertanian, hingga tidak transparannya pelaksana kegiatan, yakni Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak.

Warga Wadas Fathur juga menyampaikan sakit hati karena merasa dibohongi oleh kepala desanya sendiri.

Ia bercerita kades setempat bisa menang pemilihan kepala desa karena menandatangani kontrak politik untuk menolak tambang.

loading...

“Ternyata setelah jadi kades malah pro, ini menyakiti kami, rakyat diapusi Pak. Mohon maaf yang sebenarnya ngapusi kami bukan Pak Ganjar tetapi kades kami sendiri,” katanya.

Di akhir dialog dengan Ganjar, Gus Fuad menyampaikan permintaan agar kegiatan apa pun, baik pengukuran tanah maupun patroli polisi, bisa berhenti selama bulan puasa tahun ini.

Baca Juga  Peduli Kasih, Karang Taruna Weleri Berbagi Untuk Sesama

“Agar warga bisa beribadah dengan tenang, Pak Gub,” katanya.

Kepada dua kelompok warga tersebut, Ganjar menyampaikan komitmennya untuk terus mendampingi warga.

Ia akan terus membuka ruang dialog dengan warga pro dan kontra agar tercapai solusi bersama.

“Ada banyak informasi yang baru saya dengar hari ini dari bapak/ibu semua. Ada juga pertanyaan yang belum bisa saya jawab. Izinkan saya untuk mengklarifikasi kepada pihak-pihak yang terkait agar saya mendapat data sejelas-jelasnya,” katanya.

YHW/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *