Mau Buat Rumah, Desain Dulu Baru Bangun

SULUH.ID, SEMARANG – Untuk membuat sebuah rumah dibutuhkan sebuah desain terlebih dahulu. Proses desain tidak secara instan, perlu adanya perhitungan dan analisa mendalam secara terukur sesuai dengan kaidah-kaidah arsitektur.

Seorang arsitek akan menghitung dan menganalisa kebutuhan dan fungsi ruang, hubungan ruang, sirkulasi, pencapaian, pencahayaan alami dan buatan, serta sirkulasi udara.

Selain hal tersebut, fasad atau tampak bangunan juga perlu perhatian khusus, karena akan berimplikasi pada penekanan desain dalam pemilihan langgam atau gaya, contohnya Rumah Tropis Modern, Minimalis, Art Deco, Dekonstruksi, Klasik Modern, Tradisional. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari desain nasi rames, yaitu semua unsur langgam dimasukan dalam desain yang akhirnya tidak jelas, langgam apa yang menjadi pilihan.

Baca Juga  Kongres GAMKI, Sahat Pantas Pimpin Periode 2023-2026

Selain desain arsitektur, desain struktur juga diperlukan, dengan perhitungan yang tidak sederhana. Misalnya pada pondasi, untuk kualitas tanah yang berbeda harus membuat desain yang berbeda, agar tidak membahayakan bangunan yang berada diatasnya nantinya. Penentuan jenis pondasi, Kolom, serta rangka penutup atap atau kuda-kuda ditentukan dari desain yang diinginkan dalam satu kerangka struktur yang kokoh.

Selain kedua desain tersebut, Desain Arsitektur dan Struktur, juga perlu adanya desain Utilitas. Perencanaan Elektrikal (listrik) misalnya, perlu perencanaan yang matang, meskipun bangunan rumah tinggal, saat ini berbagai macam perangkat elektronik sebagai penunjang yang di butuhkan dalam rumah. Sanitasi (saluran air kotor, air bersih serta saluran pembuangan air hujan) harus didesain dengan baik agar nantinya tidak merepotkan penghuni rumah.

Baca Juga  Wajib Miliki Kartu BPJS, Bila Buat SIM, STNK, SKCK, Haji, Jual Beli Tanah Rumah

Setelah proses desain selesai dengan pertimbangan berbagai hal, mulai dari kekuatan, ketahanan bangunan dan biaya, selanjutnya dilakukan perhitungan biaya secara detail yang disebut Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Rencana Anggaran Biaya disesuikan dengan desain dan kemampuan pemilik. Pemilihan bahan bangunan yang tepat dan sesuai dengan desain serta langgam atau gaya bangunan akan menekan biaya yang cukup signifikan. Owner akan sangat diuntungkan dengan perencanaan matang terlebih dahulu yang meliputi, Gambar Desain, Perhitungan Struktur, Perhitungan Angaran serta perencanaan manajemen dalam pelaksanaan proyek nantinya.

loading...
Baca Juga  Honda Launching Virtual Tim Repsol MotoGP 2022 Di Mandalika

Rumah Impian Griyaku menawarkan Konsultasi desain rumah secara gratis.
Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Banyak Arsitek Senior dan berpengalaman yang akan membimbing anda di Rumah Impian Griyaku.

Anda bisa konsultasi melalui kontak :
wa.me/6288980209190
instagram.com/rumahimpiangriyaku
facebook.com/rumahimpiangriyaku

Atau pesan desain dengan menghubungi Front Online Griyaku id :
wa.me/6281392901186

Griyaku id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *