Pentingnya Desain Struktur Untuk Bagunan Arsitektur

SULUH.ID, SEMARANG – Saat membuat bangunan rumah yang perlu diperhatikan dan merupakan komponen sangat vital serta tidak dapat diabaikan adalah desain kontruksinya atau struktur.

Arsitek senior Griyaku-id, Yudihendrawanto mengatakan, struktur merupakan komponen yang sangat penting yang menyertai desain arsitektur dan tidak dapat dipisahkan selain utilitas, mekanikal dan elektrikal.

“Pada prinsipnya arsitektur Menurut Francis DK Ching (1979), Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi, tidak hanya bentuk, ruang dan fungsi saja, tetapi teknik yang meliputi struktur dan utilitas” jelanya.

Salah satu fungsi dari struktur adalah konstruksi untuk menopang berdirinya suatu bangunan agar berdiri kokoh dan tidak membahayakan penghuninya. Desain struktur memerlukan perhatian dan prioritas utama selain desain arsitekturalnya itu sendiri berupa fasad dan ruang.

Baca Juga  DPP AWPI Menunjuk Ketua DPD AWPI Jawa Tengah

“Desain arsiteknya bagus, tapi kalau desain strukturnya asal-asalan akan membahayakan penghuninya, bisa berakibat fatal. Desain arsiteknya bagus tapi tidak bisa di huni untuk apa?, Makanya perlu desain secara holistik, dalam satu kesatuan desain arsitektural, meskipun ahlinya berbeda-beda. Banyak bidang yang terlibat dalam desain arsitektur, ahli struktur, utilitas, ada mekanikal dan elektrikal” ungkapnya.

Lanjutnya, kegagalan struktur bangunan dapat terjadi apabila tidak mengikuti standart yang telah di tetapkan pada saat perencanaan yang diantaranya tidak mengikuti TOR yang telah di buat, terjadinya perbedaan bahan atau material pembuatan, terjadi kesalahan pada perhitungan mengenai daya kuat infrastruktur, kesalahan pada gambar rencana dan, dilakukan nya perencanaan tampa adanya data yang sesuai.

Baca Juga  Bentuk Empati Kapolres Pati Arie Prasetya, kunjungi Korban Banjir Di Kab. Pati

“Selain di perencanaan, kegagalan struktur bisa terjadi disaat pengawasan pelaksanaan. Kontraktor pelaksana atau tukang yang mengerjakan asal-asalan dalam mengerjakan struktur bangunan tidak sesuai dengan perencanaan,” pungkasnya.

loading...

Lebih lanjut, sebenarnya sruktur bangunan merupakan bagian dari arsitektur. Sementara arsitektur sendiri merupakan seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan itu sendiri yang meliputi fasad, struktur, utilitas atau mekanikal dan elektrikal, desain perabot dan bahkan hingga desain produk. Arsitektur juga merujuk pada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Baca Juga  Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Jahe Merah dan Kunyit

Intinya, struktur merupakan bagian yang sangat penting dan tidak bisa di tinggalkan dalam karya arsitektur. Bahkan struktur yang asal-asalan akan berakibat fatal bagi penghuninya. Sehingga desain struktur perlu perhitungan yang matang dan perhatian hingga di pelaksanaanya.

YHW/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *