Atap Panel Solar Ramah Lingkungan dan Modis Dari Onduline

SULUH.ID, JAKARTA – Seperti diketahui, hingga saat ini kebutuhan listrik yang biasa kita gunakan masih menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batubara yang jelas tidak ramah lingkungan.

Selain tidak ramah lingkungan, bahan bakar fosil akan terus berkurang karena penggunaan yang terus menerus serta meningkatnya aktivitas dan jumlah penduduk yang terus bertambah. Yang pasti bahan ini tidak dapat diperbarui.

Untuk penyedian listrik yang ramah lingkungan dan selalu terbarukan PT Onduline Indonesia membuat produk yang di tawarkan ke konsumen berupa atap solar panel yang dapat di integrasikan menjadi atap hunian.

Produk yang di bernama Ondusolar Tile merupakan solusi atap yang diintegrasikan dengan sistem listrik tenaga surya photovoltaic (PV).

Produk ini khususnya untuk bangunan-bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pabrik, rumah sakit dan juga residensial. Tak hanya ramah lingkungan, namun suplainya tak terbatas.

Baca Juga  Ketua AWPI Kota Semarang Ucapkan Belasungkawa Terkait Sriwijaya Air SJ-182

Sesuai namanya, photovoltaic mengandalkan intensitas matahari sebagai sumber energi dan mengubahnya menjadi listrik. Photovoltaic bersifat semi konduktor berupa susunan sel dari Kristal batu silikon.

Assistant Technical Manager Photovoltaic System Specialist PT Onduline Indonesia, Dio Ananda Fitra, dikutib dari Kompas, ingin mengajak masyarakat menerapkan energi ramah lingkungan dan memaksimalkan penggunaan atap bangunannya., Kamis (23/8/2021).

loading...

Menurutnya, pada tahap awal masyarakat bisa memakainya untuk mengurangi energi listrik yang dibeli dari PLN.

“Jadi ketika siang hari perangkat listrik di rumah bisa memakai energi bersih dari matahari. Jika ada kelebihan energi yang diproduksi dari solar panel dapat diekspor ke PLN,” kata Dio.

Ondusolar Tile dirancang dengan sistem solar panel BuildingIntegratedPhotovoltaics (BIPV) yaitu panel fotovoltaik yang digunakan untuk menggantikan bahan bangunan konvensional di bagian selubung penutup bangunan seperti atap, skylight, atau fasad.

Ini membuatnya berbeda dengan solar panel pada umumnya yang dipasang secara tradisional dengan menambahkan panel fotovoltaik di atas selubung penutup bangunan atau disebut Building Applied Photovoltaics (BAPV).

Baca Juga  Anggap Diskriditkan, Polri Kejar Pengedit Video Polisi Dangdutan

“Dari sisi penampilan, Ondusolar PV integrated roof terlihat menyatu dengan gedung. Sedangkan BAPV terlihat mencolok dan kurang menarik. Risiko kebocoran BAPV cukup tinggi jika mounting tidak sesuai akibat daya tahan terhadap anginnya rendah,” jelas Dio.

Dio memaparkan Ondusolar Tile merupakan atap sekaligus PV ini didesain baik dengan durabilitas tinggi yang menawarkan garansi power hingga 25 tahun.

Atap dijamin tidak bocor karena didesain dengan pengalihan air yang baik. Rentang suhu kerjanya juga luas berkisar -40 derajat celcius hingga 85 derajat celcius.

Ondusolar Tile mencakup dua varian atap PV, yaitu Ondular Tile Single berkapasitas mulai 19 watt-peak (Wp) per keping dan Ondusolar Tile Triple berkapasitas mulai 58 Wp per keping.

Selain genteng panel sebagai unit utama, sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ditunjang modul pendukung berupa unit pengontrol (regulator/controller) untuk mengatur pengisian dan pemakaian listrik.

Baca Juga  Masjid Dua Lantai Ukhuwah Islamiyah El Azhar Segera Terwujud

Kemudian baterai/aki untuk menyimpan listrik dan inverter untuk mengubah arus DC (direct current) menjadi AC (alternating current). Semuanya saling terhubung.

Genteng yang dilengkapi panel surya untuk menyerap cahaya matahari menjadi listrik perlu dirawat dengan cara dibersihkan saat musim kemarau panjang.

Namun saat musim penghujan, pengguna Ondusolar Tile tidak perlu repot-repot membersihkan karena kotoran akan bersih dengan sendirinya dari permukaan solar panel yang menggunakan kaca khusus.

Saatnya sekarang kita beralih ke listrik yang menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan terbarukan. Salah satunya adalah solar panel atau tenaga surya. Selain hemat biaya, kebersihan lingkungan juga terjaga.

KMP/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *