Rumah Janda Habis Terbakar, Sejumlah Ternaknya Hangus

SULUH.ID, MADIUN – Sebuah rumah semi permanen berbahan dominan kayu milik janda tua di Madiun, Jawa Timur, terbakar, Selasa (29/6). Pemilik rumah selamat, namun kebakaran di Jalan Tanjung Raya No. 24 A, Kelurahan Manis Rejo, Yang camatan Kota, itu tak urung menghanguskan belasan ekor unggas piaraan korban.

Sejumlah sumber di lokasi kejadian menyebutkan, diduga sang janda pemilik rumah, Siti Masrifah, lupa mematikan api usai memasak di dapur. Diketahui, korban memasak secara tradisional menggunakan kayu bakar di pawon yang dipenuhi tumpukan kayu bakar.

Sementara keberadaan pawon tempat sehari hari mengolah makanan, bersebelahan dengan kandang unggas yang juga terbuat dari anyaman bambu. “Sehingga ketika api membesar, langsung menyambar kandang unggas. Bahkan merembet ke bangunan rumah utama,” tutur sumber.

Baca Juga  HUT ke 71, Pemprov dan Kiai Se-Jateng Gelar Doa Bersama

Saat api berkobar liar dan makin membesar, Siti Masrifah yang berada di ruang depan langsung keluar rumah sambil berteriak meminta tolong. Warga setempat langsung menghambur ke lokasi, dan melakukan pembasahan dengan air sumur.

Beberapa saat kemudian api dipadamkan, setelah satu unit Pemadam Kebakaran Kota Madiun merapat dan melakukan pemadaman api. Mengingat sebagian besar bangunan yang terbakar dari bahan kayu dan anyaman bambu, petugas tetap membasahi arang yang dianggap berpotensi menimbulkan percik api kembali.

Baca Juga  Warga Asli Kendal, Kolisun Korban Sriwijaya Air SJ-182

“Tidak ada korban jiwa, Mas. Api tidak merembet rumah tetangga. Tapi menjalar ke rumah induk pemilik. Kebakaran diduga dari api kayu bakar sisa memasak yang lupa dimatikan,” kata Andi, Tim SAR.

Kini, mengingat korban sebagai janda sebatang kara, Pemerintahan Kelurahan setempat mengupayakan segera melakukan renovasi rumah tersebut. Sementara keberadaan korban masih dipikirkan, apakah ditampung untuk tinggal sementara di rumah warga.

loading...

FIN/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *