Peran Model Pembelajaran Masalah Di Pendidikan Agama Kristen

B. Isi Pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah

Menurut Jodion Siburian, dkk dalam Utami (2011), Pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang berasosiasi dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran artinya dihadapkan pada suatu masalah, yang kemudian dengan melalui pemecahan masalah, melalui masalah tersebut siswa belajar keterampil-keterampilan yang lebih mendasar.

Menurut Duch (1994) Pembelajaran Berbasis Masalah adalah metode instruksional yang menantang peserta didik agar belajar untuk belajar, bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata. Masalah ini digunakan untuk mengaitkan rasa keingintahuan serta memiliki kemampuan analisis peserta didik dan inisiatif atas materi pelajaran. PBM mempersiapkan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis, untuk mencari serta menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai.

Baca Juga  Keteladanan Integritas Dan Karakter Kristen Para Tokoh Alkitab

Berdasarkan beberapa pendapat ahli, maka dapat disimpulkan bahwa, model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah, model pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah kepada peserta didik. Masalah tersebut dialami atau merupakan pengalaman sehari-hari peserta didik. Selanjutnya peserta didik menyeleseikan masalah tersebut untuk menemukan pengetahuan baru. Secara garis besar PBL terdiri dari kegiatan menyajikan kepada peserta didik suatu situasi masalah yang autentik dan bermakna serta memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri.

Baca Juga  Penerapan Metode STAD Dalam Persiapan Lomba Mata Pelajaran Agama Kristen CCA

Pada aspek filosofi, PBL dipusatkan pada siswa yang dihadapkan pada siswa yang dihadapkan pada suatu masalah. Sementara pada subject based learning guru menyampaikan pengetahuannya kepada siswa sebelum menggunakan masalah untuk memberi ilustrasi pengetahuan tadi.

PBL bertujuan agas siswa mampu memperoleh dan membentuk pengetahuannya secara efisien, kontekstual, dan terintegrasi. Model pembelajaran pokok dalam PBL berupa belajar dalam kelompok kecil dengan sistem tutorial.

Baca Juga  Hukum Kepemimpinan dan Karakter Kepemimpinan Sejati

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *