Operasi Bedah Di Metaverse, Dilakukan Melalui Avatar

SULUH.ID, SEMARANG – Chief Medical Officer Medical Realties dan konsultan ahli bedah kolorektal Barts Health NHS Trust Shafi Ahmed memprediksi, di masa depan operasi bedah melalui metaverse tidak menutup kemungkinan akan terjadi.

“Operasi bedah melalui metaverse bukan hal yang mustahil untuk dilakukan di masa depan,” kata Ahmed dikutip dari Antara, Jumat (18/2/2022).

Ia juga menjelaskan jika operasi bedah tersebut bisa dilakukan melalui avatar dan hologram, dibantu oleh augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

“Ahli bedah dapat mengandalkan metaverse supaya operasi dapat dilakukan dengan pengalaman 3D sehingga jauh lebih realistis,” jelas Ahmed.

Baca Juga  Jelan Operasi Pamtas, Yonif 403/WP Terima Pembekalan Binter

Selain itu, Ahmed mengatakan bahwa dengan adanya metaverse, para ahli bedah dapat melakukan kolaborasi dari jarak jauh.

“Setiap ahli bedah dapat mengakses catatan pasien dan melihat umpan satu sama lain saat menjadi avatar di dunia mereka,” jelasnya kembali.

Agar dapat memanfaatkan metaverse untuk operasi bedah, Ahmed mengatakan bahwa pentingnya infrastruktur digital yang kuat karena tindakan tersebut membutuhkan bandwidth yang sangat besar.

loading...

“Ini adalah teknologi yang membutuhkan bandwidth besar, tetapi sebenarnya dapat didukung oleh 5G dan saya melihat ini jauh lebih realistis,” tutur Ahmed.

Baca Juga  Jutaan Pengguna WhatsApp Dalam 80 Jam terakhir Migrasi Ke Telegram

Sementara itu, Ahmed mengungkapkan bahwa dirinyasendiri pernah memimpin operasi pengangkatan tumor di The Royal London Hospital dengan menggunakan teknologi VR.

“Tindakan tersebut memungkinkan keseluruhan proses operasi dapat disaksikan dan penonton merasakan seolah-olah mereka berada di ruang operasi,” ungkapnya.

Dengan teknologi tersebut, Ahmed dapat mengajari para mahasiswa kedokteran di seluruh dunia mengenai prosedur operasi pengangkatan tumor secara real time.

“Ini adalah hal yang menakjubkan di dalam dunia kedokteran. Ada begitu banyak kemampuan teknologi yang memiliki potensi besar untuk bisa dimanfaatkan,” pungkas Ahmed.

Baca Juga  Mobil Listrik Murah Meriah Seharga Motor, Benarkah?

Sebagai informasi, metaverse adalah dunia virtual yang merupakan kombinasi dari berbagai elemen teknologi. Metaverse membuat penggunanya dapat melakukan berbagai aktivitas dalam semesta digital.

YHW/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *