Reisa : Pola Pikir Yang Kini Harus Dirubah Soal Gadget

SULUH.ID, JAKARTA – Dokter yang menjadi bintang iklan dan Juru Bicara Pemerintah pandemi Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, saat ini tidak bisa lagi berfikir gadget sebagai sarana hiburan belaka, melainkan juga sebagai alat yang memiliki manfaat lebih.

Anak-anak saat ini sedang menjalani pembelajaran jarak jauh yaitu dengan sisti dalam jaringan (Daring) atau secara online akibat dari pandemi Covid-19. Gadget menjadi salah satu keharusan yang tidak bisa dilepaskan dan ditinggalkan dalam proses belajar saat ini dari mereka.

Baca Juga  Ternyata Ini Yang Dilakukan Alumni Geng Dherex Jogja

“Di masa sekarang tidak seperti zaman dulu. Sekolah pun pakai gadget. Kita maksimalkan di luar waktu sekolah. Kita anggap gawai sebagai tools untuk mendapatkan manfaat, jangan lagi dianggap hiburan semata,” ujar dia dalam sebuah webinar kesehatan tentang parenting, Senin (19/7/21).

Menurutnya, selain mendapatkan hiburan melalui gadget, anak dapat meyerap ilmu dari gadgetnya. Mereka juga dapat berinteraksi dengan dunia luar, pendidik dan teman-temanya melalui gadget.

Dengan demikian, orang tua perlu memantau apa yang anak lakukan, tonton melalui Gadgetnya. Pastikan, anak mengakses sesuatu yang baik dengan melakukan pendampingan. Orang tua juga bisa cek histori penggunaan gadget yang digunakan putra-putrinya.

Baca Juga  Nawal Arafah Tay Yasin, Tolak KDRT Dengan Pelatihan Pranikah

“Anak ketika menonton, bermain harus ada supervisi dari orang tua atau caretaker. Agar bisa dipastikan dia dapat ilmu, bukan hanya main atau justru dapatkan hal negatif,” kata Reisa.

Terkait informasi salah atau hoaks lanjut Raisa, yang kini bertebaran melalui berbagai media dan mudah diakses melalui gadget, Reisa berpesan agar Anda memastikan kebenaran informasi itu misalnya berasal dari sumber kredibel atau bukan.

loading...
Baca Juga  Gebyar Pasar Malam Ambarawa Hilangkan Dahaga Hiburan Rakyat

“Pilihlah informasi yang sudah divalidasi kebenarannya. Kita harus memastikan informasi berasal dari sumber kredibel,” kata dia.

Selain berbicara soal gadget dan hoaks, Reisa juga berbagi pengalamannya selama menjadi orang tua. Menurutnya, momen paling berkesan saat menyadari sebagai orang tua, justru bisa banyak belajar dari anak mereka.

(ATR/JJID)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *