12 Makanan Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Penundaan Penuaan Kulit

6. Paprika merah atau kuning

Seperti ubi jalar, paprika adalah sumber beta karoten yang sangat baik, yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Satu cangkir (149 gram) paprika merah cincang mengandung 156% DV untuk vitamin A (18Trusted Source).

Paprika tersebut juga salah satu sumber vitamin C terbaik. Vitamin ini diperlukan untuk membuat kolagen protein, yang menjaga kulit tetap kencang dan kuat.

Satu cangkir (149 gram) paprika memberikan 211% DV yang mengesankan untuk vitamin C.

Sebuah studi observasi besar yang melibatkan wanita mengaitkan makan banyak vitamin C dengan penurunan risiko kulit keriput dan kering seiring bertambahnya usia.

Baca Juga  Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Jahe Merah dan Kunyit

Kesimpulanya, paprika mengandung banyak beta karoten dan vitamin C, keduanya merupakan antioksidan penting untuk kulit Anda. Vitamin C juga diperlukan untuk membuat kolagen, protein struktural yang menjaga kulit Anda tetap kuat.

loading...

7. Brokoli
Brokoli penuh dengan banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C.

Ini juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Baca Juga  Varian Kappa, Mirip Campak Penularan Hanya Berpapasan

Selain itu kuntum brokoli juga mengemas senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang menawarkan beberapa manfaat potensial yang sangat mengesankan. Bahkan mungkin memiliki efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

Sulforaphane juga merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ini bekerja dalam dua cara: menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem perlindungan lain dalam tubuh.

Dalam uji laboratorium, sulforaphane mengurangi jumlah sel kulit yang mati akibat sinar UV sebanyak 29%, dengan perlindungan yang bertahan hingga 48 jam.

Baca Juga  Kapolri: Tembak Mati Kelompok MIT Jika Melawan Petugas

Bukti menunjukkan sulforaphane juga dapat membantu menjaga kadar kolagen di kulit.

Kesimpulanya brokoli merupakan sumber vitamin, mineral, dan karotenoid yang penting untuk kesehatan kulit. Ini juga mengandung sulforaphane, yang dapat membantu mencegah kanker kulit dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *