Vaksin Covid Sinovac Ditawarkan Rp885 Ribu

SULUH.ID, SEMARANG – Sejak bulan Juli lalu, China telah menyuntikkan ratusan ribu vaksin eksperimental kepada tenaga medis dan pekerja di pelabuhan yang memiliki risiko tinggi tertular virus corona.

Di Kota Jiaxing, China vaksin corona Sinovac Biotech dilaporkan ditawarkan dengan biaya sekitar 60 dolar AS atau sekitar Rp=885 ribu.

Tidak jelas apakah harga vaksin yang dipasarkan di Jiaxing termasuk subsidi, mengenai hal ini CDC kota menolak berkomentar.

Mengutip Reuters, Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) Kota Jiaxing mengatakan dalam sebuah pernyataan di WeChat bahwa dua dosis kandidat vaksin, yang disebut CoronaVac akan menelan biaya 200 yuan atau sekitar Rp440 ribu per dosis.

Baca Juga  Panglima Angkatan Udara India Ambil Sikap Menantang Tiongkok China.

Vaksinasi untuk kelompok-kelompok utama termasuk profesional medis telah dimulai. Otoritas China hingga saat ini belum merilis rincian harga untuk vaksin Covid-19 potensial.

Sejak bulan Juli lalu, China telah menyuntikkan ratusan ribu vaksin eksperimental kepada tenaga medis dan pekerja di pelabuhan yang memiliki risiko tinggi tertular virus corona.

Tidak jelas apakah harga vaksin yang dipasarkan di Jiaxing termasuk subsidi, mengenai hal ini CDC kota menolak berkomentar.

loading...

Sinovac juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters, Sinovac sedang dalam uji coba tahap akhir di Brasil, Indonesia, dan Turki.

Perusahaan mengatakan bahwa analisis sementara dari data uji coba tahap III bisa dilakukan paling cepat November.

Baca Juga  Makam Dangkal, Ratusan Jenasah Covid Keluar Dari Kuburnya

Bio Farma telah mencapai kesepakatan untuk kerja sama 40 juta dosis dari Sinovac. Jika nantinya tersedia, vaksin tersebut akan dihargai sekitar Rp200 ribu per dosis. China mengatakan meskipun keuntungan yang wajar bagi perusahaan diizinkan, harga vaksin COVID-19 harus terjangkau.

China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) mengatakan pada Agustus bahwa kandidat vaksin yang dikembangkan oleh satu unit mungkin berharga tidak lebih dari 1.000 yuan sekitar Rp2.2 juta untuk dua suntikan.

Seorang pejabat di Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan, bagaimanapun harganya akan lebih rendah.

Baca Juga  Pesawat Israel Melakukan Serangan Ke Jalur Gaza

RRICOID/JJID/SULUHID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *