Panglima Angkatan Udara India Ambil Sikap Menantang Tiongkok China.

SULUH.ID, SEMARANG – Dua negara besar di dunia Tiongkok dan India masih terlibat konflik sengketa perbatasan yang belum kunjung selesai dan semakin memanas.

Sengketa kedua negara pertama kali terjadi pada bulan Juli 2020 di perbatasan Galwan yang menyebabkan 20 tentara India tewas, tapi jumlah kematian di pihak Tiongkok tidak diketahui.

Sejak saat itu, ketegangan terus meningkat, keduanya kemudian mengerahkan pasukan militer di wilayah pegunungan terpencil di Himalaya.

Baru-baru ini Panglima Angkatan Udara India RKS Bhadauria mengambil sikap menantang Tiongkok saat berbicara kepada media menjelang Hari Angkatan Udara ke-88 negara itu pada 8 Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga  Pesawat Israel Melakukan Serangan Ke Jalur Gaza

“Kami dengan tegas siap untuk menangani segala kemungkinan. Kami melakukan latihan bilateral dan multilateral dengan angkatan udara terkemuka dunia dan izinkan saya berbagi dengan Anda dengan keyakinan bahwa secara operasional kami adalah yang terbaik,” katanya, dikutip dari Express.

“Dalam situasi konflik apa pun Tiongkok tak bisa mengalahkan India,” tambahnya

Bhadauria membantah bahwa Angkatan Udara India (IAF) hampir melakukan serangan udara terhadap Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Tiongkok setelah pembunuhan 20 tentara India di lembah Galwan pada bulan Juni lalu.

loading...

Namun dia mengakui tentara IAF siap menyerang jika diperintahkan.

Baca Juga  Tempatkan Satuan Artileri, Persiapan Perang Militer China Untuk Menggempur Pertahanan India

Dia juga mengatakan kemampuan yang disediakan oleh sebuah lapangan terbang di Daulat Beg Oldi menjadi ancaman besar bagi Tiongkok.

“Kemampuan serangan ofensif kami telah diasah dengan peningkatan dan induksi baru senjata dan platform,” kata Bhaduri.

Dia menunjukkan pengangkut udara taktis IAF yang memungkinkan tentaranya lebih cepat memblokir pasukan Tiongkok agar tidak masuk tanpa izin dalam melintasi Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh.

Bhaduri menegaskan kemampuan Angkatan Udara India juga menjadi fokus saat kami dalam mendukung Angkatan Darat untuk memobilisasi pasukan dan peralatan dengan cepat ke wilayah perbatasan.

Baca Juga  Kelompok Separatis Teroris Papua Serang Aparat TNI



EXPRESS/JJID/SLH

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *